Home / Pilkada / Sumatera / Hasil Pilkada Lima Daerah di Riau Digugat ke MK
KPU-1

Hasil Pilkada Lima Daerah di Riau Digugat ke MK

PEKANBARU – Pilkada serentak di Riau digelar di sembilan daerah pada 9 Desember lalu. Pemenang berdasarkan hasil rekapitulasi suara oleh KPU masing-masing daerah juga sudah ada.

Namun hasil rekapitulasi di lima daerah digugat oleh pasangan calon. Pertama, Pilkada Pelalawan. Gugatan ke MK dilayangkan oleh pasangan Zukri-Annas (ZA).

Pilkada Palalawan dimenangkan oleh kubu petahana Harris-Zardewan dengan perolehan 68.618 suara. Sementara pasangan ZA ada di posisi dua dengan perolehan 67.080 suara.

Gugatan lainnya terjadi di Pilkada Rokan Hulu. Pasangan Syukri-Nasrul Hadi. Pemenang pilkada Rokah Hulu adalah petahana Suparman-Sukiman (Susuki) yang mendapat 88.100 suara.

Hasil rekapitulasi Pilkada Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) digugata oleh pasangan pasangan Tengku Mukhtaruddin- Aminah. Pasangan ini berselisih 16 persen dari pememang pilkada.

Hasil rekapitulasi Pilkada Kuansing digugat oleh pasangan Indra Putra-Komperensi (IKO). Pasangan Indra-Komperensi berselisih 348 suara dari pemenang pasangan Mursini – Halim.

Ketua Tim pemanangan Paslon IKO, Chaidir Arifin mengatakan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan bukti-bukti gugatan untuk sidang di MK. “Untuk gugatan ini kita akan memakai jasa pengacara Yusril Ihza Mahendra,” ucapnya.

Terakhir hasil rekapitulasi Pilkada Siak digugat oleh pasangan Suhartono-Syahrul (Berkah). Pilkada Siak dimenangkan oleh kubu petahana, Syamsuar- Alfedri dengan perolehan suara signifikan di banding calon lainnya.

Ketua Tim Berkah, Ali Mansuri menjelaskan alasan melakukan gugatan karena dalam Pilkada 9 Desember lalu ada pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis, dan masif.

“Kita sudah siap menggugat ke MK dan sejumkah bukti ke MK dimana sebelumnya sudah kita laporkan ke KPU dan Panwaslu, namun belum ada tanggapan,” ucapnya.

Sumber : okezone.com

Check Also

medan 2

Dukung Djarot-Sihar di Pilkada Sumut, Ini Kontrak Politik yang Diminta PPP

JAKARTA,- Sekjen PPP Arsul Sani menyatakan partainya telah membuat kontrak politik dengan PDI Perjuangan terkait …

Leave a Reply

Your email address will not be published.