Home / Pemerintahan / Tahun Depan, Menteri Susi Bagi-bagi 5.000 Kapal Rp 4,7 T ke Nelayan
034f1cc7-17aa-4cc6-a8d1-a5abeec4cf93_169

Tahun Depan, Menteri Susi Bagi-bagi 5.000 Kapal Rp 4,7 T ke Nelayan

Jakarta -Kementerian Kelautan dan Perikanan dipimpin Susi Pudjiastuti berencana memberikan bantuan kapal tangkap ikan kepada nelayan tahun depan. Total kapal yang dibagikan sebanyak 5.000 unit dengan berbagai ukuran.

“Kami mau bikin 5.000 kapal. Ini akan dibagikan ke nelayan,” kata Sekjen Kementerian Kelautan Perikanan (KKP), Syarief Widjaja, usai pertemuan tertutup dengan Menteri Kelautan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Pejabat Eselon I KKP di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Sabtu (5/9/2015).

Kapal tersebut dianggarkan untuk tahun depan dengan total alokasi dana Rp 4,7 triliun. “Itu dalam rangka 2016. Sekarang, kami mulai siap-siap,” ujarnya.

Nanti, kapal bantuan tersebut akan diserahkan langsung kepada nelayan. Untuk ukuran, kapal gratis ini akan disesuaikan dengan kebutuhan nelayan di setiap daerah. Langkah ini dilakukan karena KKP belajar dari bantuan kapal periode lalu. Nelayan pernah menolak kapal ikan berbobot 30 Gross Tonnage (GT) karena dinilai tidak sesuai dengan kebutuhan.

“Kami akan survei langsung ke nelayan,” ujarnya.

Dalam pengadaan kapal-kapal ini, Syarief mengatakan, KKP akan menggandeng seluruh galangan kapal di tanah air untuk membangun 5.000 kapal tangkap ikan. “Galangan kapal diundang semua. Karena banyak kapalnya. Seluruh Indonesia yang bikin,” tuturnya.

sumber: detik.com

Check Also

r7

Jaga Kesucian Ramadhan, Bawaslu dan Ormas Islam Deklarasi Gerakan Bersama Pilkada Bersih

JAKARTA,- Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) dan 13 lembaga dan organisasi Islam melakukan deklarasi Gerakan …