Home / Partai / Yusran Paris Masuk Formatur PAN Sulsel, Ini Penjelasan DPP
yusran-paris

Yusran Paris Masuk Formatur PAN Sulsel, Ini Penjelasan DPP

MAKASSAR – Sejumlah peserta Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW PAN Sulsel mengeritik keputusan Ketua Pedoman Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN, Yandri Susanto, yang menyerahkan mandatnya sebagai salah satu formatur dari unsur DPP kepada salah satu pengurus DPW PAN Sulsel, Yusran Paris.

Hal ini menurut para peserta Muswil, tidak sesuai dengan mekanisme dan aturan partai dalam penyelenggaraan Muswil.

Yandri Susanto yang dikonfirmasi terkait hal ini mengungkapkan, keputusannya itu tidak bertentangan dengan aturan partai. Dalam aturan partai menurut Yandri, disebutkan bahwa DPP berhak memutuskan, apakah mengambil mandat itu, atau menyerahkan kepada salah satu formatur dari unsur DPW.

“Inikan berbicara soal perwakilan, kalau perwakilan itu, terserah DPP akan menunjuk siapa, tapi kita serahkan kepada kader partai di DPW,” kata Yandri, Minggu (13/3/2016).

Ia menambahkan, ada banyak hal yang menjadi pertimbangan DPP terkait hal itu. Namun menurutnya, pertimbangan tersebut menjadi kewenangan DPP, dan tidak untuk diketahui oleh peserta Muswil.

“Hampir semua Muswil di tempat lain, DPP mengamanahkan kepada saya sebagai perwakilan, tapi SK-nya tidak saya ambil, saya mewakilkan ke DPW. Dan kita memang tidak perlu meminta persetujuan forum soal itu,” tambahnya.

Yandri hanya mengatakan, salah satu pertimbangannya adalah, dirinya yang saat ini berada di Jakarta, dengan lokasi DPW PAN Sulsel yang jauh, dikhawatirkan dapat menghambat proses Musyawarah yang akan dilakukan formatur dalam menentukan Ketua DPW PAN Sulsel.

“Tapi biasanya kalau ada masalah, mereka (formatur) akan konsultasi ke DPP. Tujuannya baik sebenarnya, tapi teman-teman yang belum paham, mungkin memang harus ada penjelasan lebih lanjut,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, hal yang sama sebelumnya juga pernah dilakukan dalam Muswil PAN di Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo.

Sumber: rakyatku.com

Check Also

Trah Soeharto

Partai Berkarya, Bersatunya Trah Soeharto di Panggung Politik Indonesia

Jakarta – Trah Soeharto kembali bangkit membangun kekuatan politik melalui Partai Beringin Karya (Berkarya) yang …