Home / Berita Umum / Mahfud MD: Indonesia Krisis Pemimpin Yang Bersikap Cendekia
Mahfud-MD

Mahfud MD: Indonesia Krisis Pemimpin Yang Bersikap Cendekia

Jakarta, – Wakil Ketua Dewan Pakar Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Mahfud MD mengatakan, negara Indonesia sekarang tengah mengalami krisis pemimpin yang memiliki sikap cendekiawan.

“Problem negara kita saat ini ialah keterbatasan pemimpin yang intelektual, cerdas dan bersikap cendekiawan. Kita juga masih minim pemimpin yang moralnya kuat,” katanya, di Palangka Raya, Sabtu (2/4).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengatakan, universitas baru bisa mencetak sarjana dan sangat minim menghasilkan lulusan yang memiliki sikap cendekia. Upaya mencetak sarjana yang menguasai berbagai bidang keilmuan cenderung lebih mudah dibanding mencetak individu yang memiliki jiwa dan mental kuat. Menurut dia, orang yang hanya menguasai ilmu teknis lebih berbahaya dibanding dengan orang yang memiliki intelektual dan didukung moral yang baik.

“Universitas saat ini masih berlomba-lomba mencetak sarjana yang unggul dalam ilmu teknis bukan sarjana yang cerdas dan bermoral kuat. Berdasarkan survei yang dilakukan beberapa pihak, 83 persen koruptor merupakan lulusan perguruan tinggi,” katanya.

Sumber: icmi.or.id

Check Also

H._Andi_Samsuddin_Arsyad-kalsel

Pulang Kampung, Pengusaha Asal Batu Licin Sumbang Masjid Rp500 Juta

BONE — Sukses menjadi pengusaha di Batu Licin, Kalimantan Selatan, tak membuat H. Andi Samsuddin Arsyad, …