Home / Pilkada / Sulawesi / Annar Siap Perkuat Basis Ekonomi Sulbar *Polman Sektor Kakao, Mamuju Sawit
annar-sampetoding

Annar Siap Perkuat Basis Ekonomi Sulbar *Polman Sektor Kakao, Mamuju Sawit

MAMUJU — Perekonomian Sulawesi Barat (Sulbar) harus dibangun dengan basis yang jelas jika ingin maju. Salah satunya membangun basis perekonomian secara sektoral. Misalnya, Kabupaten Polman yang harus digarap sebagai basis kakao, bahkan jika perlu kabupaten ini harus memiliki pabrik kakao. Artinya, Polman sebagai sektor kakao harus bangkit mulai dari petaninya hingga pengusahanya.

Pengusaha sekaligus Calon Gubernur Sulbar, Annar Salahuddin Sampetoding, mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah diskusi kecil di Mamuju, Minggu (1/5). Menurutnya, jika ingin memajukan Sulbar, maka ekonomi kerakyatan harus diperkuat dan caranya harus digarap secara sektoral agar Sulbar juga punya identitas jika ekonominya maju.

“Rakyat harus dibangkitkan dengan gairah ekonomi. Begitu pula pengusahanya supaya Sulbar ini bisa maju. Jangan pemerintah yang menjadi kaya karena pada hakikatnya pemerintah itu adalah pelayan. Pelayan dalam hal ini mampu memberi layanan maksimal kepada seluruh warganya, terutama para pelaku bisnis,” kata Annar yang juga salah satu pemilik grup usaha besar nasional ini.

Selain itu, lanjut dia, infrastruktur pendukung juga harus ditingkatkan, seperti peningkatan pelabuhan dan bandara. Pelabuhan ditingkatkan agar mampu mengangkut dan mendatangkan barang dalam jumlah besar.

Demikian halnya bandara harus ditingkatkan agar pengunjung dan investor ke Sulbar juga meningkat. “Di sini kuncinya jika ingin menungkatkan ekonomi Sulbar secara drastis,” tandas Annar yang berpasangan dengan calon wagub Syahrir Hamdani.

Annar yang lama dipercaya menjadi petinggi di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pusat sekaligus banyak membina pelaku usaha kecil menengah (UKM) di berbagai daerah ini, mengatakan, Sulbar memiliki potensi ekonomi yang besar. “Ke depan, bukan hanya Polman tetapi daerah lain juga akan dibangkitkan dengan sektor ekonomi sesuai yang unggul di daerahnya, seperti Mamuju Utara dan sekitarnya yang diperkuat di sektor kelapa sawit dan jagung. Jika perlu ke depannya, Mamuju harus memiliki pabrik sawit dan pabrik jagung,” bebernya.

Bukan hanya itu, Annar juga membeberkan konsep ekonomi perkotaan, seperti adanya mal dan basis-basis industri lainnya di Mamuju sebagai ibukota provinsi. Sektor ekonomi perkotaan ini sebisa mungkin   membuat Mamuju menjadi pusat belanja bagi warga Sulbar. “Jadi warga Sulbar tidak perlu bergantung ke Makassar lagi. Selama ini kan orang Sulbar belanjanya di Makassar. Artinya orang Sulbar memberi pemasukan besar ke Makassar. Padahal seharusnya tidak perlu ke sana, tapi ke Mamuju saja,” jelasnya.

Juru bicara pasangan Cagub-cawagub Sulbar, Pangeran S Toding, juga mengungkapkan hal sama. Menurutnya, Sulbar saat ini membutuhkan  figur pemimpin yang ahli di bidang usaha dengan harapan Sulbar ke depan dapat diperhitungkan di kancah nasional.

 

Check Also

bau-bau

Hasil Pleno KPU Baubau: Tampil Manis Raih Suara Tertinggi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau telah melaksanakan pleno rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilihan Wali …