Home / Berita Umum / Kasus Dasrul Melecehkan Guru
012669500_1450000843-20151213-Ribuan-Guru-Padati-SUGBK-Jakarta-02

Kasus Dasrul Melecehkan Guru

UNTUK menyelamatkan guru dari berbagai tindak kekerasan yang terjadi belakangan ini, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mendesak pemerintah membuat UU Perlindungan Profesi Guru.

“Ya, kami berpandangan sudah saatnya ada UU Perlindungan Profesi Guru. Kami juga meminta penegak hukum tidak melakukan penangkapan ataupun proses hukum atas laporan sepihak wali murid. Namun, mengutamakan musyawarah dan mediasi apabila terjadi pelanggaran etika profesi,” kata Plt Ketua Umum PGRI Unifah Rasyidi Jakarta, kemarin.

Unifah mengimbau orangtua siswa untuk memberikan perhatian lebih serius terhadap perilaku anak-anaknya termasuk dalam mengerjakan tugas yang disampaikan gurunya.

“Kami akan membenahi diri dan mengajak guru untuk terus meningkatkan kemampuan profesi menjadi lebih baik lagi.”

Saat menyinggung kejadian yang menimpa Dasrul, guru SMKN 2 Makassar, yang kini terbaring di rumah sakit setelah mengalami pengeroyokan oleh siswa bernama MAS dan orangtua yang bersangkutan, Adnan Achmad, Rabu (10/8), PGRI menyatakan hal ini sebagai bentuk pelecehan terhadap profesi guru.

PGRI Sulawesi Selatan bersama guru-guru dan siswa SMKN 2, lanjut Unifah, telah mendesak kepolisian memproses hukum kekerasan terhadap Dasrul. “Pelakunya harus dihukum karena telah main hakim sendiri dan menghina profesi guru.”

Di sisi lain, MAS yang menganiaya Dasrul balik melaporkan gurunya kepada polisi juga dengan kasus serupa, kemarin.

Kapolsek Tamalate Komisaris Muh Azis Yunus membenarkan hal tersebut. Menurutnya, polisi telah menerima laporan penganiayaan terhadap siswa yang dilakukan gurunya. “Jadi, sebelum pengeroyokan dilakukan siswa dan orangtuanya, sang guru lebih dulu melakukan penganiayaan dengan penamparan. Kami telah memeriksa empat saksi.”

Kasus ini berawal saat Adnan dan anaknya, MAS, mengeroyok Dasrul saat proses belajar sedang berlangsung. Akibat penganiayaan itu, Dasrul mengalami luka memar di wajah dan tulang hidung patah.

 

Sumber: mediaindonesia

Check Also

probosutedjo-meninggal

Adik Mantan Presiden Soeharto, Probosutedjo Tutup Usia

Adik presiden kedua RI Soeharto, Probosutedjo, meninggal pada Senin (26/3/2018) pagi. Hal tersebut dikonfirmasi Sekjen …