Home / Pemerintahan / Calon Kepala BIN Budi Gunawan Jalani Uji Kepatutan dan Kelayakan di DPR
360996_620

Calon Kepala BIN Budi Gunawan Jalani Uji Kepatutan dan Kelayakan di DPR

Komjen Budi Gunawan menjalani uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon kepala Badan Intelijen Negara (BIN) hari ini. Fit and proper test Budi Gunawan akan berlangsung tertutup di Komisi I DPR.

Komjen Budi yang saat ini menjabat sebagai Wakapolri akan memaparkan visi dan misinya di awal sesi mulai pukul 10.00 WIB, Rabu (7/9/2016).

Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhari sebelmnya mengatakan, Komisi I hanya akan memberikan pertimbangan, bukan mengambil keputusan untuk menyetujui atau menolak pencalonan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN oleh Presiden Joko Widodo.

Namun uji dilakukan tertutup karena kerahasiaan yang harus dijaga terkait dengan kerja intelijen. “Karena banyak hal-hal strategis terkait intelijen yang tidak mungkin untuk dibuka,” ucap Kharis, Selasa (6/9).

Sesuai hasil rapat Badan Musyawarah, hasil fit and proper test di Komisi I akan dilaporkan saat paripurna pada Kamis (8/9) mendatang. Hasilnya lalu akan disampaikan pimpinan DPR ke presiden.

Surat pergantian Kepala BIN Sutiyoso diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada pimpinan DPR pada Jumat (2/9). Soal pencalonan Budi Gunawan, Kepala BIN saat ini Sutiyoso mengaku menerima keputusan Presiden Jokowi untuk mengganti dirinya.

“Saya ini kan seorang prajurit. Ini kan perintah seorang panglima tertinggi TNI. Jadi saya harus melaksanakannya dan menerima sepenuh hati,” kata Sutiyoso Minggu (4/9).

Budi merupakan salah satu lulusan terbaik Akademi Kepolisian angkatan 1983. Dia tercatat selalu menempati peringkat pertama di setiap pendidikan Polri, seperti: Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (SESPIM) dan Sekolah Perwira Tinggi (SESPATI) Polri.

Sejumlah jabatan penting pernah diduduki oleh Budi Gunawan. Saat berpangkat Komisaris Besar, Budi Gunawan pernah menjabat sebagai Ajudan Presiden RI di masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri. Sejak itu kariernya terus menanjak.

Sumber: detik.com

Check Also

e1

Kodam Jaya Siapkan 4 Ribu Prajurit Bantu Gelaran Pilkada Serentak

Jakarta – Pilkada serentak akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang. Sebanyak 4.000 prajurit disiapkan …