Home / Partai / Wiranto janji dan jamin bakal tuntaskan kasus tragedi 1965
wiranto-janji-dan-jamin-bakal-tuntaskan-kasus-tragedi-1965-1

Wiranto janji dan jamin bakal tuntaskan kasus tragedi 1965

Pemerintah terus dituntut untuk melanjutkan rekonsiliasi korban pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) 1965. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto berjanji akan mengusut dan menyelesaikan kasus pelanggaran HAM berat masa lalu itu.

“Semua digarap. Begini ya, orang-orang mengatakan, Pak Wiranto nanti gak akan menyelesaikan itu. Saya akan menyelesaikan, saya jamin. Saya akan terus bekerja untuk menyelesaikan masalah itu,” kata Wiranto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9).

Menurutnya, masalah-masalah HAM masa lalu telah tercacat di instansinya untuk dibahas kembali satu per satu. Bahkan, Wiranto mengklaim sudah beberapa kali membahas rekomendasi dan masukan sejumlah pihak soal penyelesaian kasus Tragedi 1965.

“Jadi masalah-masalah masa lalu yang kemarin sudah tercatat untuk diselesaikan terus kita lanjutkan. Satu demi satu kami terus bahas,” jelasnya.

“Beberapa kali kita rapat di Kemenko Polhukam untuk bahas itu, secara komprehensif, adil, transparan, tapi perlu dicatat bahwa jangan sampai kita dalam menyelesaikan itu saling menuduh, jangan sampai juga kita kembali melakukan satu langkah-langkah yang ada keberpihakan. Ini kan pemerintah sekarang,” sambung dia.

Lebih lanjut, Wiranto menambahkan pihaknya akan mencoba menyelesaikan pelanggaran HAM 1965 itu secara objektif dan komprehensif. Penyelesaian kasus 1965, lanjutnya, akan dilakukan secara teliti agar tidak menjadi masalah baru di masa depan.

“Kita mengarah kepada bagaimana supaya penyelesaian masalah itu seadil-adilnya, tidak menimbulkan masalah baru. Terus terang kita menghadapi masalah baru itu kan ke depan. Banyak masalah ke depan ini,” tegasnya.

Agar tidak berpihak pada kelompok tertentu, Wiranto akan melibatkan Komnas HAM dan pakar hukum untuk menyelesaikan kasus Tragedi 1965 itu.

“Kami selalu dalam rapat mengajak Komnas HAM, kami tidak sepihak pemerintah menyelesaikan masalah sendiri. Komnas HAM selalu kami ajak untuk diminta pertimbangan. Juga pakar hukum kami sertakan,” tutupnya.

Sumber: merdeka.com

Check Also

Trah Soeharto

Partai Berkarya, Bersatunya Trah Soeharto di Panggung Politik Indonesia

Jakarta – Trah Soeharto kembali bangkit membangun kekuatan politik melalui Partai Beringin Karya (Berkarya) yang …