Home / Pilkada / Papua / Petahana Raih Suara Terbanyak di Pilkada Tolikara
IMG_4485-696x379

Petahana Raih Suara Terbanyak di Pilkada Tolikara

Karubaga – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolikara mengumumkan pleno hasil rekapitulasi pilkada setempat yang berlangsung 15 Februari lalu.

Ketua KPU Tolikara Hosea Genongga membacakan surat keputusan KPU nomor. 09/KPTS/KPU/Kab.Tolikara/II/2017 tentang penetapan rekapitulasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tolikara dengan perolehan suara tertinggi pasangan nomor urut 1, Usman G. Wanimbo-Dinus Wanimbo dengan meraih total suara 118.640 atau 62%, lalu suara terbanyak kedua adalah pasangan nomor urut 3 dengan total suara 79.020 dan suara terakhir diperoleh oleh pasangan nomor urut 2 dengan perolehan 18.543 suara

“Perolehan suara ini berdasarkan total suara sah sebanyak 216.203 suara. Sementara suara tidak sah sebanyak 58 suara dari jumlah DPT sebesar 216.261 suara,” kata Hosea, Jumat 24 Februari 2017.

Lanjut Hosea, sebagai penyelengara bersama Panwaslu, dituntut menyukseskan proses penyelenggaraan pilkada.

“Masyarakat saat ini sudah mulai pandai dan kita harus mengakui itu. Masyarakat juga sudah mulai paham, siapa yang terbaik untuk memimpin 5 tahun kedepan. Apalagi, ketiga calon kandidat adalah putra asli terbaik Tolikara,” ungkap Hosea.

KPU meminta segala persoalan, terkait kejanggalan pencoblosan dan dugaan kecurangan lainnya yang berkaitan dengan pilkada, dapat ditindak lanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Biarlah Mahkamah Konstitusi yang memutuskan sesuai dengan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Dalam sidang pleno tersebut turut hadir Ketua DPRD Tolikara Ikiles Kkogoya, Bupati Tolikara diwakili Sekda Tolikara, Kapolres Tolikara diwakili Wakapolres Tolikara Sutarman, Dandim penghubung Jayawijaya, serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan tim sukses no urut 1 dan no urut 2 bahkan berbagai elemen masyarakat Tolikara turut serta menyaksikan jalannya rapat pleno terbuka tersebut.

Sumber: http://kabarpapua.co

Check Also

Gubernur-Papua-Lukas-Enembe-Mahkota-Kasuari

Gubernur Papua Sebut Pesaingnya di Pilkada 2018

Kota Jayapura – Gubernur Papua, Lukas Enembe mulai menyebutkan satu persatu pesaingnya di Pilkada Gubernur …