Home / Partai / Ditanya Peluang Tengku Erry Maju Pilgub dari NasDem, Surya Paloh Tersenyum
144234320160409-111834-1780x390

Ditanya Peluang Tengku Erry Maju Pilgub dari NasDem, Surya Paloh Tersenyum

MEDAN – Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh, melempar senyum ditanya tentang sosok yang bakal diusung partainya pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut 2018 mendatang.

Surya Paloh kemudian menyebut, kalau Gubernur Sumut Tengku Erry memiliki berpotensi besar diusung sebagai calon petahana. Namun ia memastikan NasDem belum menentukan pilihan hingga saat ini.

“Potensinya sangat besar, tapi harus melakukan survei (elektabilitas) kembali,” ujarnya seusai menghadiri Silaturahmi bersama Tokoh Alim Ulama Sumut di Asrama Haji, Jalan AH Nasution, Medan Sabtu (7/5) malam.

Ia melanjutkan bahwa NasDem masih membahas sosok yang bakal diusung pada Pilgub Sumut. Terdapat berbagai proses yang kini sedang dijalankan.

“Sudah membahasnya, namun masih menunggu kemungkinan ke depan,” sambungnya.

Dalam sambutannya, ia mengatakan Indonesia membutuhkan orang-orang muda untuk melanjutkan pembangunan Indonesia. Termasuk Sumut, kata dia, memerlukan pemimpin yang baik.

Sementara itu, pada hari yang sama namun lokasi berbeda, Surya Paloh yang membuka Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW Partai NasDem Sumut di JW Marriott Hotel kembali menyinggung soal Pilgub Sumut 2018.

Ia berharap seluruh unsur partai berjuang menjaga dan mempertahankan bargaining partai pada bursa calon gubernur, sebab jabatan orang nomor satu di Sumut tengah diemban Ketua DPW NasDem Sumut, Tengku Erry Nuradi.

“Tentunya tidak mau kehilangan gubernur NasDem di Sumut,” ujarnya.

Katanya, NasDem masih menunggu hasil survei elektabilitas sosok yang potensial menang pada Pilgub nanti. Keputusan final ini akan dideklarasikan paling lambat Agustus 2017 mendatang.

“Ada parameter dasar keputusan, yakni hasil survei lembaga independen. Agustus nanti keputusan akhir siapa gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung,” ujarnya.

Menjelang Pilgub Sumut pada 2018 mendatang, bursa calon gubernur dan wakil gubernur Sumut periode 2018-2023 menghangat. Sejumlah partai pemilik kursi mayoritas di DPRD bahkan telah mendeklarasikan sosok yang akan diusung maju nantinya.

Partai Golkar adalah yang pertama mendeklarasikan sosok yang bakal diusung, yakni Ketua DPD Partai Golkar Sumut Ngogesa Sitepu.

Kemudian disusul Ketua DPD Demokrat Sumut JR Saragih, yang menyatakan diri siap maju.

Selain kedua partai ini, sejumlah sosok lain juga digadang-gadang bakal maju.
Mulai dari Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi hingga Gubernur Sumut sekaligus Ketua DPW Partai NasDem Sumut Tengku Erry Nuradi disebut-sebut bakal bertarung memperebutkan kursi jabatan tersebut.

Sedangkan DPD PDI Perjuangan Sumut hingga saat ini belum menentukan pilihannya.

Namun, partai berlambang kepala banteng ini tengah menggelar penjaringan sosok dengan membuka pendaftaran bagi yang berniat maju.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut Soetarto, sebelumnya mengatakan sedang melakukan survei elektabilitas terhadap sejumlah sosok dari eksternal partai yang berpotensi menang.

“Kami akan ada survei elektabilitas. Jadi akan kita survei sosok-sosok potensial meraih suara untuk menang nantinya, termasuk dari luar partai yang sudah kami lihat sosialisasi, seperti Pangkostrad Edy Rahmayadi, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Ketua DPD Golkar Sumut Ngogesa,” ujarnya di Kantor DPD PDI Perjuangan Sumut, Jalan Jamin Ginting, Medan, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, saat membuka Rakorwil DPW Partai NasDem Sumut, Surya Paloh mengingatkan kader partai mengubah persepsi negatif masyarakat terhadap partai politik.

“Politik sangat ditentukan output kinerja kader dan persepsi masyarakat. Tidak ada gunanya bekerja luar biasa jika tidak mendapat persepsi yang baik dari masyarakat,” kata Surya Paloh.

Pada Rakorwil yang mengusung tema Finalisasi Struktur dan Bacaleg Pemilu 2019, Ketua DPP NasDem Martin Manurung yang juga Komando Pemenangan Wilayah Sumut, mengatakan Rakorwil merupakan agenda finalisasi struktur, infrastruktur dan Bacaleg Pemilu 2019.

“Ini agenda internal saja terkait verifikasi partai dan progres program bacaleg,” kata Martin.

Lebih jauh Martin mengatakan, Rakorwil untuk melihat progres program Bacaleg NasDem serta kesiapan menghadapi verifikasi parpol.

Sampai saat ini, NasDem Sumut telah siap menghadapi verifikasi parpol.

“Verifikasi sudah hampir 100 persen. Kalau Program Bacaleg masih on going, karena masih memeriksa berkas-berkas yang masuk,” kata Martin.

Sumber : medan.tribunnews.com

Check Also

meski-kurang-populer-partai-tommy-soeharto-paling-banyak-dicari-di-google

Meski kurang populer, partai Tommy Soeharto paling banyak dicari di Google

Selain partai yang sudah terkenal, gelaran pemilu Indonesia 2019 kali ini diramaikan dengan bergabungnya empat …