Home / Pilkada / Kalimantan / Demokrat Cari Calon di Pilwali Tarakan, Ini Kriterianya
99Edhi Pramono dan Irianto Lambrie

Demokrat Cari Calon di Pilwali Tarakan, Ini Kriterianya

TARAKAN – Partai yang dipelopori oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat ini kabarnya masih mencari kader dan tokoh yang memiliki integritas tinggi dan elektabilitas yang baik untuk dijadikan calon dalam Pemilihan Umum Kepada Daerah (Pilkada) Kota Tarakan pada tahun 2017/2018 mendatang. Namun, sejumlah kriteria telah dibocorkan untuk mencari sosok yang kuat.
Ketua DPD Demokrat Kaltara Yansen TP menegaskan bahwa partainya memiliki target sebagai pemenang dalam Pilwali Tarakan mendatang. Namun, kriteria yang dmaksudkan sesuai dengan arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat untuk mulai mempersiapkan dan memilih pemimpin yang memiliki ketetapan yang baik dan benar, bahkan sang calon harus layak untuk dipilih dan memimpin Kota Tarakan kedepannya.
“Bukan hanya itu kriterianya juga si calon harus disenangi oleh semua kalangan baik masyarakat dan para kader, yakni mendapat dukung secara penuh oleh masyarakat,” tuturnya kepada Newstara.com pada Selasa sore, (05/04/2016) di Tarakan.
Menurutnya, ada sejumlah indikator dalam menentukan hingga merekrut calon pemimpin yang didukung oleh partai Demokrat, sehingga proses seleksi diberlakukan hingga orang tersebut memiliki elektabilitas yang tinggi di mata masyarakat.
“Kita tidak akan sembarangan untuk memilih karena kita ingin hasil pilkada nanti harus berstandarkan pada nilai-nilai demokrasi yang baik dengan kriteria dan kapabel dalam membawa kepentingan daerah itu,” ujarnya.
Namun, untuk mendapatkan calon yang memiliki nilai jual maka Demokrat tidak mempersoalkan jika calon Walikota tersebut berasal dari luar partai, atau dari kader Demokrat sendiri.
“Apakah dia itu tokoh luar atau kader kami tidak permasalahkan, artinya dia memang sangat layak di dukung oleh Demokrat, dan silahkan kader-kader bangsa dimana saja yang layak memimpin maka tangan kami terbuka lebar,” tuturnya.
Selain itu, DPD Demokrat Kaltara juga sudah memiliki hak suara dalam Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD RI) dan Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR RI) yang akan duduk di senayan, sehingga daerah pemilihan di Provinsi Kaltara akan dimaksimalkan dengan baik.
“Kita juga akan berupaya menjaring anggota dan kader yang mampu memimpin dan duduk di DPR dan DPD RI di pusat, dan kita sebagai partai di Provinsi Kaltara akan bertekad untuk memenangkan Pilkada, Pileg karena memang itu sebagai bentuk tanggung jawab kita dalam membangun kaltara, dan kedepannya kita akan berkontribusi secara nasional serta mengutus perwakilan di DPD dan DPR RI,” ujarnya.
Sumber : nusantara.com

Check Also

partai

Mantan Sekretaris Kota Tarakan Siap Maju Di Pilkada 2018

Mantan Sekretaris Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Khairul, siap maju di pilkada 2018 mendatang. Ada lima …