Home / Pemerintahan / KPU Terima Pendaftaran 569 Calon Kepala Daerah Pilkada 2018
kpu-center-pusat

KPU Terima Pendaftaran 569 Calon Kepala Daerah Pilkada 2018

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat sebanyak 573 bakal pasangan calon kepala daerah telah mendaftar ke KPU masing-masing daerah. Empat diantara calon yang mendaftar ditolak, sehingga hanya 569 calon kepala daerah yang diterima setelah masa pendaftaran ditutup pada 10 Januari 2018.

Mereka mendaftar di KPUD daerah masing-masing pada 8-10 Januari 2018. Dari 569 bakal pasangan calon yang mendaftar, tercatat sekitar 128 orang maju lewat jalur perseorangan, dan 441 dengan dukungan partai politik.

Komisioner KPU, Ilham Saputra mengatakan Pilkada serentak nanti belum tentu diikuti oleh 569 bakal pasangan calon yang pendaftarannya telah diterima KPU. Jumlah itu bisa berkurang karena KPU akan melakukan verifikasi.

Apabila ada bakal pasangan calon yang tidak memenuhi syarat, maka tidak bisa menjadi pasangan calon untuk berkontestasi di Pilkada serentak.

KPU bakal menetapkan jumlah bakal pasangan calon yang memenuhi syarat untuk menjadi pasangan calon pada 12 Februari mendatang.

Jumlah bakal pasangan calon juga masih bisa bertambah. Terutama di daerah yang masih hanya memiliki satu bakal pasangan calon. Hal itu bakal terjadi karena KPU akan melangsungkan perpanjangan masa pendaftaran pada 15, 16, 17 Januari mendatang.

Sejauh ini ada 13 daerah yang hanya memiliki satu pasangan calon yang maju dalam Pilkada.

“Kita ada jeda dari masa pendaftaran ke masa perpanjangan masa pendaftaran untuk melakukan sosialisasi agar bakal pasangan calon dan partai politik bisa mendaftar,” kata Ilham Saputra melalui pesan singkat, Jumat (12/1).

Pilkada Serentak 2018 akan digelar di 171 daerah yang terdiri atas 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota.

Dari jumlah total bakal pasangan calon yang datang ke KPU untuk mendaftar, sebanyak 524 pria melamar jadi calon kepala daerah, dan 49 perempuan yang mengincar posisi sama. Sementara untuk di posisi calon wakil kepala daerah ada 521 pria, dan 52 perempuan.

Sehingga dari total mereka yang mendaftar itu ada 1.146 orang calon kandidat di mana jumlah pria adalah 1.045, dan perempuan sebanyak 101.

Adapun daerah-daerah yang masih memiliki bakal calon pasangan kepala daerah tunggal hingga saat ini adalah:

1. Kota Prabumulih, Sumatera Selatan
2. Kabupaten Lebak, Banten
3. Kabupaten Tangerang, Banten
4. Kota Tangerang, Banten
5. Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
6. Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
7. Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan
8. Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara
9. Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan
10. Kabupaten Puncak, Papua
11. Kabuaten Mamasa, Sulawesi Barat
12. Kabupaten Jayawijaya, Papua
13. Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.

Check Also

r7

Jaga Kesucian Ramadhan, Bawaslu dan Ormas Islam Deklarasi Gerakan Bersama Pilkada Bersih

JAKARTA,- Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) dan 13 lembaga dan organisasi Islam melakukan deklarasi Gerakan …