Home / Pilkada / Sumatera / Satpol PP Bersihkan Atribut Langgar Aturan Kampanye Pilkada Bengkulu
satpolpp-pilgubbengkulu-532018

Satpol PP Bersihkan Atribut Langgar Aturan Kampanye Pilkada Bengkulu

Tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja, KPUD dan Panitia Pengawas (panwas) Pemilu Kota Bengkulu melakukan pembersihan atribut kampanye Pilkada. Sebanyak 23 baliho dan spanduk ukuran besar yang dipasang tim pemenangan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bengkulu diturunkan dan dibongkar.

Ketua Panwas Kota Bengkulu Rayendra Pirasad mengatakan, alat peraga kampanye [Pilkada](Pilkada “”) yang dibersihkan tersebut dinyatakan melanggar aturan kampanye yang sudah ditetapkan. Pelanggaran utama terkait bentuk, ukuran yang terlalu besar serta dipasang pada lokasi yang tidak direkomendasi oleh penyelenggara.

“Kami bersurat kepada Pemkot dan mereka yang melaksanakan pembersihan, kita ikut mengawasi,” tegas Rayendra di Bengkulu (4/3/2018).

Alat Peraga Kampaye (APK) yang sudah ditentukan oleh Peraturan KPU yang boleh dipasang pasangan calon Pilkada hanya jenis baliho, spandul, dan umbul-umbul saja. Jumlahnya hanya tujuh unit yang dicetak oleh KPU dan hanya bisa diperbanyak oleh pasangan calon maksimal 150 persen dari jumlah yang dikeluarkan oleh KPU.

Ukuran yang dicetak oleh pasangan calon juga tidak boleh lebih besar dari ukuran APK yang dikeluarkan KPU. Pemasangannya juga harus di lokasi yang direkomendasi dan disepakati dalam Pleno KPU Kota Bengkulu. Jika terdapat APK diluar ketentuan, tentu saja akan dibongkar secara paksa.

“Kami melakukan pengawasan proses Pilkada secara melekat di semua tingkatan, jika ada yang melanggar tentu saja ada konsekuensinya,” ujar Rayendra.

sumber : pilkada.liputan6.com

Check Also

sumut2018

Peta Kemenangan Pilkada Sumatera Utara 2018

Peta Kemenangan Pilkada Sumatera Utara 2018 JAKARTA, Komisi Pemilihan Umum telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara …