Home / Pilkada / Jawa / Soal Kemiskinan di Jatim, Ini Solusi yang Ditawarkan Khofifah
c6

Soal Kemiskinan di Jatim, Ini Solusi yang Ditawarkan Khofifah

Jombang – Kemiskinan menjadi salah satu pekerjaan rumah di Jatim yang membutuhkan solusi jitu. Cagub nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa mempunyai sejumlah terobosan untuk mengatasinya.

Hal itu dikatakan Khofifah usai acara peringatan Isra’ Mi’raj di Desa Kepuh Kembeng, Peterongan, Jombang. Angka kemiskinan di Jatim di atas rata-rata nasional, ketimpangan antara kota dan desa, ketimpangan antara kawasan utara dan selatan, serta masih tingginya jumlah pengangguran menjadi pekerjaan rumah bagi pemimpin Jatim ke depan.

“Jadi, prestasi-prestasi ekonomi harus diikuti juga dengan ikhtiar untuk menurunkan kemiskinan, menurunkan ketimpangan, jumlah pengangguran,” kata Khofifah kepasa wartawan, Minggu (22/4/2018).

Untuk mengatasi berbagai persoalan tersebut, Khofifah menyiapkan sejumlah terobosan. Salah satunya, mantan Mensos RI ini mengaku telah menjalin komunikasi dengan Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha Jatim.

Kalangan pengusaha di Jatim diminta untuk menyiapkan tempat magang bagi siswa SMK. Menurut dia, ke depan pola pendidikan di SMK akan diubah.

Selama 3 semester pertama siswa akan menjalani pendidikan di sekolah, semester ke empat magang di perusahaan. Sementara semester 5 dan 6 untuk menyiapkan ujian nasional dan masuk dunia kerja.

“Ini solusi untuk mengurangi pengangguran. Banyak sekali pengusaha yang sanggup menyiapkan tempat magang,” ungkapnya.

Sementara untuk mengatasi ketimpangan kota dan desa serta wilayah utara dan selatan, kata Khofifah, pihaknya mengajak para pengusaha agar merelokasi industrinya ke wilayah selatan Jatim. Pasalnya, selama ini industri terpusat di Surabaya, Mojokerto, Pasuruan, Gresik dan Sidoarjo.

“Harapan kami pengusaha menjadi sabuk kesejahteraan rakyat Jatim. Kalau mereka melipir ke pinggir-pinggir, maka akan bisa menyerap tenaga kerja dan menurunkan angka kemiskinan di pedesaan,” terangnya.

Check Also

kota madiun

Pilwali Madiun, Pasangan Mada Menang Dengan Selisih 4113 Suara Dari Pasangan Madiun Mahardika

MADIUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun telah selesai menggelar rapat pleno terbuka, rekapitulasi …