Home / Pilkada / Jawa / Gapoktan Jatim Dukung Gus Ipul-Puti
e3

Gapoktan Jatim Dukung Gus Ipul-Puti

Ngawi – Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno mendapat dukungan dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Jatim. Program Gus Ipul-Puti dianggap paling pro petani.

“Kami siap memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti,” ujar Ketua Asosiasi Gapoktan Jawa Timur Budiono di dalam forum pertemuan besar di Ngawi, Kamis (26/4/2018)

Pertemuan itu diikuti berbagai kelompok petani, mulai petani padi, tebu, tembakau, hingga Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Pertemuan itu juga dihadiri Cawagub Puti Guntur Soekarno dan Bupati Ngawi Budi ‘Kanang’ Sulistiyono.

Hadir pula, seniman kondang, Kirun, yang ikut menyuntikkan semangat di pertemuan itu. “Forum ini untuk menyerap aspirasi para petani di Jawa Timur untuk Gus Ipul-Mbak Puti,” kata Kanang.

Budiono mengatakan, dirinya sudah keliling Jawa Timur dan bertemu dengan Gapoktan di seluruh kabupaten dan kota untuk menyosialisasikan program Gus Ipul-Puti.

“Alhamdulillah dari keliling saya itu, 80 persen dari anggota Gapoktan Jawa Timur mendukung Gus Ipul-Mbak Puti,” ucap Budiono.

Budiono yang akrab disapa Mbah Domo, mengatakan untuk memakmurkan petani di Jawa Timur, pemerintah perlu memperhatikan 3 hal. “Petani itu syarat pertamanya harus bisa menanam, sehingga manajemen air harus selalu diperhatikan oleh pemerintah agar air itu selalu ada dan berlimpah,” kata Budiono.

Kedua, harus ada manajemen tanam. Pemerintah harus memfasilitasi agar petani bisa mengakses bibit yang unggul dan pupuk yang berkualitas.

Ketiga, kata dia, manajemen pascapanen. Salah satunya, pemerintah harus menyediakan akses agar petani bisa menjual hasil panennya dengan harga yang layak.

Mendapatkan arus dukungan petani, Puti merasa bersyukur. Ia menyampaikan, Gus Ipul dan dirinya punya komitmen kuat untuk menyejahterakan petani di Jawa Timur, melalui program Tampan Sejati atau Petani Mapan se-Jawa Timur.

“Kami akan memberi penguatan kepada petani dan nelayan yang menjadi janji kerja kami di Jawa Timur,” katanya.

Dari program tersebut, kata Puti, diisi dengan pemberian akses modal dan pelatihan teknologi kepada para petani untuk memaksimalkan hasil panennya.

Terkait ketersediaan air sendiri, Gus Ipul dan Puti akan mendorong dibangunnya waduk-waduk baru atau bendungan air di Jawa Timur dari pemerintah pusat.

“Pembangunan infrastruktur akan terus kami dorong agar program nasional bisa berjalan optimal di Jawa Timur,” kata Puti.

Kanang mengatakan Gus Ipul-Puti intens bertemu kalangan petani karena mayoritas warga Jawa Timur hidup dari sektor agraris.

“Adalah benar, jika dikatakan, pertanian adalah soko guru perekonomian. Jika ekonomi petani kuat, makmur dan sejahtera, pasti perekonomian negara akan kuat,” kata Kanang.
sumber : detik.com

Check Also

6

Khofifah: Toleransi Turun, Ustaz Harus Berperan Tangkal Radikalisme

Mojokerto – Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut terjadi penurunan toleransi di Indonesia. Untuk menangkal …