Home / Pilkada / Jawa / Tim Demiz-Dedi Laporkan Paguyuban Paranormal ke Bawaslu Jabar
e2

Tim Demiz-Dedi Laporkan Paguyuban Paranormal ke Bawaslu Jabar

Bandung – Tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jabar Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi melaporkan Paguyuban Paranormal Jawa Barat ke Bawaslu. Mereka menduga deklarasi dukungan yang dilakukan organisasi tersebut bagian dari kampanye hitam.

“Kami melaporkan kegiatan Paguyuban Paranormal yang menggelar deklarasi dukungan kepada pasangan calon nomor 4 ke Bawaslu. Karena deklarasi itu, sebagai bagian dari black campaign,” kata kuasa hukum pasangan nomor 4 Agus Sihombing, dalam rilis yang diterima, Kamis (26/4/2018).

Dia mengungkapkan meski deklarasi itu sebagai bentuk dukungan namun bermakna negatif bagi pasangan calon yang diusung Partai Demokrat dan Golkar ini. Selain itu, lanjut Agus, deklarasi tersebut juga tidak pernah dikoordinasikan dengan tim sukses pasangan nomor 4.

“Deklarasi itu di luar kendali tim sukses nomor 4 dan tidak ada koordinasi dari mereka kepada tim kami. Kemudian, deklarasi itu juga mendiskreditkan Pak Deddy Mizwar dan Pak Dedi Mulyadi. Karena masyarakat akan beranggapan bahwa pasangan ini didukung makhluk gaib,” ucapnya.

Dia juga memastikan, pasangan Deddy-Dedi tidak pernah melibatkan hal-hal yang bersifat supranatural dan berbau mistis.

“Jadi Paguyuban Paranormal ini seolah-olah mendukung tapi justru tindakannya akan mengubah persepsi publik bahwa Demiz-Dedi ini identik dengan dukun, gaib, klenik dan lain sebagainya. Sehingga akan berpengaruh terhadap elektabilitas pasangan calon nomor 4,” kata Agus.

Pihaknya belum mengetahui siapa di balik kelompok paranormal ini. Hanya dia menyayangkan tindakan mereka bisa mencederai prinsip-prinsip demokrasi.

“Pilgub Jabar yang harusnya menjunjung tinggi fair, ini malah tidak fair. Harusnya Pilgub Jabar beradu gagasan, konsep ini malah bermain kotor,” katanya.

Ia berharap Bawaslu Jabar menindaklanjuti temuan tersebut karena unsur-unsur black campaign telah terpenuhi. “Ini jelas-jelas black campaign. Karenanya, kami berharap Bawaslu segera menindaklanjuti temuan kami,” kata dia.

Sementara itu, Tim Asistensi Pengaduan Gakumdu Bawaslu Jabar Didi Komarudin akan menindaklanjuti laporan yang dilakukan tim Deddy-Dedi. Surat pengaduannya juga sudah diterima dengan nomor 004/LP/PILGUB/13.00/IV/2018).

“Alur pengaduannya sudah benar, karena kejadian yang dilaporkan terjadi dalam tahapan Pilkada Gubernur Jabar. Yang dilaporkan juga memang ranah delik pidana pemilu. Nanti kami kaji laporan tersebut,” tandasnya.
sumber : detik.com

Check Also

kota madiun

Pilwali Madiun, Pasangan Mada Menang Dengan Selisih 4113 Suara Dari Pasangan Madiun Mahardika

MADIUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun telah selesai menggelar rapat pleno terbuka, rekapitulasi …