Home / Pilkada / Jawa / Cabup Enthus Meninggal, KPU Cetak Ulang Surat Suara dan APK
r5

Cabup Enthus Meninggal, KPU Cetak Ulang Surat Suara dan APK

Kabupaten Tegal – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal akan mencetak ulang surat suara dan alat peraga kampanye (APK) Pilbup 2018. Hal ini menyusul adanya salah satu calon bupati meninggal dunia, yakni calon petahana Enthus Susmono.

KPU sejauh ini telah melakukan pengadaan logistik berupa surat suara, APK dan bahan kampanye. Logistik tersebut saat ini sudah jadi dan sudah disebar untuk persiapan Pilbup Tegal yang merupakan salah satu bagian dari Pilkada Serentak 2018.

“Khusus untuk APK seperti baliho, spanduk dan umbul-umbul sudah disebar ke seluruh wilayah kecamatan dan desa serta kelurahan,” papar Ketua KPU Kabupaten Tegal, Sukartono, saat ditemui di kantornya, Rabu (16/5/2018) siang.

Semua APK tersebut masih mencantumkan gambar cabup nomor 3, Enthus Susmono, sehingga akan ditarik dan diganti dengan yang baru. Demikian pula bahan kampanye seperti pamflet stiker itu akan disebar ulang di seluruh wilayah Kabupaten Tegal.

Surat suara yang dipesan sebanyak 1.206.502 buah. Jumlah itu sesuai jumlah DPT di Kabupaten Tegal yang berjumlah 1.171.029 ditambah 2.5 persen. Surat suara itu sudah sampai di KPU Tegal sejak sepekan lalu dan tinggal dilipat.

“Surat suara seharusnya hari Rabu ini sudah mulai dilipat, tapi dibatalkan. Semua surat suara masih tersimpan di gudang. Tidak akan gunakan karena salah satu calon bupati meninggal dunia. Jadi KPU harus pesan lagi,” tambah dia.

Pesanan ulang surat suara, APK dan bahan kampanye tersebut masih harus menunggu keputusan partai pengusung yang akan mengajukan nama pengganti Enthus Susmono. KPU memberikan tenggat waktu penggantian nama paling lambat 7 hari sejak kematian cabup.
sumber: detik.com

Check Also

kota madiun

Pilwali Madiun, Pasangan Mada Menang Dengan Selisih 4113 Suara Dari Pasangan Madiun Mahardika

MADIUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun telah selesai menggelar rapat pleno terbuka, rekapitulasi …