Home / Pilkada / Jawa / Marak Teroris, Gus Ipul akan Perkuat Peran RT dan RW di Jatim
r6

Marak Teroris, Gus Ipul akan Perkuat Peran RT dan RW di Jatim

Probolinggo – Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul berencana memperkuat peran aktif Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Jatim. Pasalnya, kata cagub pilgub Jatim nomor urut dua, ini di lembaga desa atau kelurahan tersebut memiliki peran penting dalam masyarakat.

“Kami akan melakukan upaya penguatan peran aktif RT dan RW di setiap daerah di Jatim. Karena memiliki peran penting dalam pertahanan wilayah,” kata Gus Ipul saat bersilaturrahmi dengan masyarakat dan relawan Kota Probolinggo, di Gedung Widaya Harja Jalan Panjaitan, Rabu (15/5/2018).

Dia menjelaskan peran RT, RW ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat. Sehingga upaya pencegahan dini adanya tindakan hal itu bisa diantisipasi lebih awal.

“Peran RT, RW dengan adanya situasi ini sangat dibutuhkan. Ini upaya pencegahan dini. RT dan RW bisa memberikan informasi lebih awal kepada pihak berwenang. Apalagi sudah ada gerak gerik yang dinilai mencurigakan di tengah kehidupan masyakarat di Jawa Timur,” ujarnya.

Gus Ipul mengatakan, dengan adanya peran aktif RT dan RW, bisa memberikan dampak positif yang baik kepada masyarakat di wilayah tersebut.

“Sebab kerukunan masyarakat RT RW, sudah tercipta situasi aman dan kondusif di wilayah tersebut,” katanya.

Bahkan gerakan rukun tetangga, kata Gus Ipul, tidak hanya bisa menangkal persoalan keamanan termasuk tindak kriminalisme dan juga teroris. Namun hidup rukun juga bisa mengatasi kehidupan sosial masyarakat miskin tetangga sekitarnya.

“Jadi masyarakat miskin di daerah itu, apakah ada yang kelaparan atau ada persoalan rumah tangga lain, pemerintah bisa mengetahui lebih awal bila peran RT RW di perkuat,” pungkasnya.
sumber: detik.com

Check Also

6

Khofifah: Toleransi Turun, Ustaz Harus Berperan Tangkal Radikalisme

Mojokerto – Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut terjadi penurunan toleransi di Indonesia. Untuk menangkal …