Home / Pilkada / Sulawesi / Hasil Pleno KPU Baubau: Tampil Manis Raih Suara Tertinggi
bau-bau

Hasil Pleno KPU Baubau: Tampil Manis Raih Suara Tertinggi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau telah melaksanakan pleno rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau, Kamis (5/7). Hasilnya, pasangan AS Tamrin-Ahmad Monianse meraih suara terbanyak. Pasangan nomor urut dua yang dikenal dengan slogan Tampil Manis ini memperoleh 23.573 suara, unggul dari empat rivalnya.

Tampil Manis hanya dibayang-bayangi oleh pasangan nomor urut 4, H. Yusran-Ahmad yang berada diposisi kedua dengan 19.959 suara. Keduanya terpaut angka yang cukup jauh yaitu sebanyak 3.614 suara. Kemudian, pasangan nomor urut 1, Roslina Rahim-La Ode Yasin menduduki peringkat ketiga dengan perolehan 18.367 suara.

Disusul lagi pasangan nomor urut 5 jalur perseorangan, Ibrahim Marsel-Ilyas (IBM-Ilyas) dengan 9.371 suara. Sementara untuk pasangan nomor urut 3, Wa Ode Maasra Manarfa-Ihksan Ismail (Mama Iklas) berada diurutan terakhir dengan perolehan 4.503 suara. Detailnya lihat grafis.

Ketua KPU Kota Baubau, Edi Sabara membenarkan perolehan suara masing-masing paslon berdasarkan hasil pleno rekapitulasi. “Setelah pleno rekapitulasi ini, kami akan buatkan berita acaranya. Kemudian, akan menetapkan pasangan wali kota dan wakil wali kota Baubau terpilih,” kata Edi Sabara saat ditemui usai pleno, rabu (5/7).

Dia menjelaskan, secara umum pelaksanaan pleno rekapitulasi hasil perolehan suara tersebut berlangsung lancar. Meskipun sempat ada protes dari para saksi paslon. Khususnya saksi paslon yang merasa keberatan dan tidak terima dengan hasil pleno KPU Baubau.

“Memang ada keberatan dari mereka (saksi paslon, red). Tetapi sesungguhnya sebagian sudah disampaikan saat rekap di PPK dan sudah terkoreksi, tetapi hari ini (rabu) diulang kembali. Tetapi itu hak mereka untuk mengangkat kembali dan dimasukan di DB2KWK. Mereka memiliki hak untuk menolak dan tidak mau bertanda tangan. Tetapi KPU Baubau berkewajiban memberikan hasil rekapitulasi tersebut kepada mereka (saksi paslon),” imbuhnya.

 

Sumber : Kendaripos.co.id

Check Also

mk1

KPU Tetapkan Kotak Kosong Sebagai Pemenang Pilkada Makassar 2018

MAKASSAR, Berdasarkan rapat pleno hasil perhitungan suara pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar yang digelar …