Home / Pilkada / Jawa / Rekapitulasi suara Pilwalkot Mojokerto diwarnai aksi protes dan walk out saksi paslon
mojokerto

Rekapitulasi suara Pilwalkot Mojokerto diwarnai aksi protes dan walk out saksi paslon

Merdeka.com – Aksi protes dan walk out saksi salah satu pasangan mewarnai pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mojokerto, yang dilaksanakan KPU Kota Mojokerto, di Hotel Raden Wijaya, Mojokerto, Kamis (5/7). Aksi walk out dilakukan saksi pasangan calon nomor 1, Akmal BudiantoRambo Garudo (Akrab), Agus Harijono.

Protes dilakukan karena saksi menilai banyak terjadi politik uang dalam proses pencoblosan pada 27 Juni lalu. Sehingga tidak mau menandatangani berita acara hasil rekapitulasi suara Pilwalkot Mojokerto.

Usai pembacaan rekapitulasi suara yang dilakukan masing masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan dilanjutkan tanggapan dari masing masing saksi palon, Agus langsung melakukan protes dan menolak menandatangani berita acara hasil rekapitulasi suara Pilwalkot Mojokerto. Dia langsung meninggalkan ruang rapat pleno dan mengancam akan melakukan gugatan.

“Kami selaku saksi yang ditunjuk dan diperintah paslon nomer 1 (AkmalRabo) untuk tidak mengakui hasil rapat pleno rekapitulasi suara Pilwalkot Mojokerto, karena dinilai melanggar hukum, banyak money politic,” kata Agus Harijon, usai keluar ruang rapat, Kamis (5/7).

Hasil rekapitulasi yang dilaksanakan oleh KPU Kota Mojokerto, menurut Agus, hasil rekap yang berasal dari proses yang tidak sehat dan bermasalah dengan hukum. Tim hukum paslon nomer 1, akan melakukan pembahasan diinternal dan berencana melakukan gugatan.

“Kami menolak menandatangani hasil rapat pleno rekapitulasi suara Pilwalkot. Tim hukum paslon nomer 1 akan melakukan pembahasan diinternal dan nanti akan dikaji secara hukum dan akan melakukan gugatan terhadap hasil Pilwalkot Mojokerto,” jelas Agus.

Sementara Ketua KPU Kota Mojokerto, Syaiful Amin Sholihin mengatakan, meski ada salah satu saksi paslon menolak menandatangani berita acara hasil rekapitulasi pernghitungan suara Pilwalkot Mojokerto, tidak mempengaruhi tahapan dan hasil penghitungan. Sebab saksi dari paslon lainnya serta pihak-pihak yang terkait sudah menandatangani hasil rekapitulasi suara.

“Tidak mengurangi keabsahan hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kabupaten dan Kota, meskipun tidak mau tanda tangan dalam berita acara. Dalam PKPU Nomor 9 tahun 2018, terkait rekapitulasi, aksi walk out saksi paslon tidak mengurangi keabsahan hasil rekapitulasi penghitungan suara,” kata Amin Sholihin.

Hasil Rekapitulasi penghitungan suara Pilwalkot Mojokerto, pasangan nomor urut 4, Ita PuspitasariAchmad Rizal Zakaria, unggul dengan perolehan suara sebanyak 23.644 suara. Pasangan calon nomor 1, Akmal BudiantoRambo Garudo, memperoleh 19.853 suara. Pasangan nomor 2, Andy SoebjaktoAde Riasuryani dapat 19.477 suara dan pasangan nomor 3 WarsitoMoelyadi memperoleh 9.012 suara.

 

Sumber : merdeka.com

Check Also

kota madiun

Pilwali Madiun, Pasangan Mada Menang Dengan Selisih 4113 Suara Dari Pasangan Madiun Mahardika

MADIUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun telah selesai menggelar rapat pleno terbuka, rekapitulasi …