Home / Pilpres / Bisnis-bisnis besar yang digeluti Prabowo Subianto
ps

Bisnis-bisnis besar yang digeluti Prabowo Subianto

Bakal calon presiden 2019, Prabowo Subianto tak cuma bergelut di dunia politik. Dia juga dikenal sebagai pengusaha sukses.

Mantan Danjen Kopassus itu mempunyai beberapa bisnis di berbagai bidang. Berikut beberapa bisnis-bisnis besar Prabowo:

1. PT Kiani Kertas atau PT Kertas Nusantara
PT Nusantara Energy salah satu perusahaan milik Prabowo Subianto. Perusahaan ini bergerak di bidang kertas dan bubur kertas.

Kabarnya pabrik ini merupakan satu-satunya pabrik bubur kertas terbesar di Asia Tenggara. Sebelumnya, Kiani Kertas dimiliki oleh Bob Hasan, pengusaha yang dekat dengan Presiden Soeharto. Kemudian Prabowo membeli Kiani Kertas dan mengubah nama perusahaan itu diubah menjadi PT Kertas Nusantara.

2. PT Tidar Kerinci Agung
Pada bidang kelapa sawit, Prabowo Subianto punya perusahaan bernama PT Tidar Kerinci Agung. Dikutip dari situs Tidar Kerinci Agung, perusahaan ini didirikan sejak 1984 oleh keluarga besar Soemitro Djojohadikusumo, atau ayah Prabowo Subianto.

PT Tidar Kerinci Agung berlokasi di Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bungo Provinsi Sumatera Barat serta Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Perusahaan ini telah melakukan penanaman kelapa sawit seluas 16.048 hektar dan membangun pabrik pengolahan kelapa sawit yang dilengkapi sarana dan prasarana pendukung lainnya di dalam lokasi perkebunan.

3. PT Tanjung Redeb Hutani
PT Tanjung Redeb Hutani bisnis yang bergerak di bidang kehutanan dan perkebunan. Perusahaan ini terletak di Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur.

PT Tanjung Redeb Hutani mempunyai dua persemaian (nursery) yaitu suaran nursery berkapasitas 15 juta/tahun dan sambarata nursery berkapasitas 15 juta/tahun.

4. PT Batubara Nusantara Coal
PT Batubara Nusantara Coal juga perusahaan milik Prabowo. Perusahaan ini bergerak di bidang pertambangan.

Batubara Nusantara Coal merupakan anak perusahaan dari Nusantara Energy. Di mana Nusantara Energy mengoperasikan tambang-tambangnya melalui beberapa subsidiari antaralain Erabara Persada Nusantara, Nusantara Wahau Coal, Nusantara Kaltim Coal, Kaltim Nusantara Coal, Nusantara Santan Coal dan Nusantara Berau Coal.
Sumber : merdeka.com

Check Also

maa

Ma’ruf Amin akan berkampanye di wilayah Jokowi kalah di 2014

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Lodewijk F. Paulus, mengatakan, tentu ada perbedaan apa …